M. Arif Zalsyah :

Roaster Coffee Is Black

arif3

m.arifzalsyah@gmail.com / @coffeeisblack

Roaster atau penyangrai greenbean kini makin bermunculan semakin meningkatnya jumlah kedai-kedai kopi yang kian tumbuh. Seperti prinsip ekonomi lama, semakin banyak permintaan maka semakin banyak stock yang harusnya tersedia. Jika tidak mengikuti hukum alam ekonomi tersebut maka akan terjadinya chaos. Pria lulusan Sarjana Ekonomi ini, M. Arif Zalsyah (30) mengikuti hukum ekonomi yang berlaku. Arif sebutan yang dikenal di lingkungannya, melihat peluang bisnis untuk menisbatkan dirinya menjadi seorang Roaster. Setelah sebelumnya bekerja sebagai seorang barista di coffeeshop Jakarta Selatan. Kemudian, ia membangun bisnis bernamakan Coffee Is Black di rumahnya di bilangan Tangerang, Bandar Wijaya. Alasan nama tersebut dibuat sangat sederhana, karena kopi itu hitam.

Di awal Januari 2015, ia memulai karir menjadi roaster dengan mesin Willian dari Bali type Fike W600i berkapasitas 1kg. ”Semoga bisa sampai bertahan 20 tahun kedepan,” katanya saat ditanya kapan memulai bisnisnya ini. Menjadi seorang roaster di luar peluang bisnisnya, ini adalah passion untuk karir barunya di industri kopi. Karena, Arif berniat untuk mendalami kopi itu sendiri, sehingga pilihan menjadi seorang roaster lebih menjadi passion dibandingkan seorang barista.

arif

Source picture by: @coffee_is_black

Arif yang biasa mengenakan topi, kaos, jeans dan sendalan ini mengatakan suka dukanya menjadi seorang roaster adalah profile roasting. Setiap beans memiliki karakter yang berbeda-beda, ditambah menghadapai permintaan client yang beraneka ragam menjadikan tantangan tersendiri. Baginya, tidak mudah untuk memuaskan permintaan client, tapi dengan tetap mencoba semaksimal mungkin. Kendala di mesin William juga disebutkan Arif masih terdapat banyak kekurangan seperti; airflow dan pengapian yang masih kurang.

Untuk teknik roasting yang paling disukainya adalah medium roast, dikarenakan hasilnya tidak terlalu pahit dengan flavour originnya tetap keluar. Beans yang paling disukai berasal dari daerah Jawa Barat, karena banyak varian dan setiap perkebunan menghasilkan greenbean yang berbeda-beda cara pengolahannya. Kopi-kopi Jawa Barat juga menjadi kesukaannya karena menghasilkan; body yang tidak terlalu kuat, ada aciditynya, dan sweetness.

arif2

Source picture by: @coffee_is_black

Arif yang tetap mempelajari teknik roasting dengan cara otodidak, tidak menutup diri untuk melihat roaster-roaster dari luar negeri atau pun dalam negeri. Beberapa panduan dari internet juga membantunya untuk mempelajari teknik roasting yang benar dan ditambah pengalaman diskusi dengan roaster di lingkungannya. Ia tetap ingin belajar untuk dapat mengembangkan diri. Baik itu mengikuti sertifikasi roaster atau pun komunitas roaster.

Sebagai roaster Coffee Is Black, Arif memiliki pandangan dengan perkembangan kopi saat ini yang mulai meningkat. Untuk jangka panjangnya akan semakin bertumbuh. Keinginannya adalah kopi-kopi lokal harus berjaya di negerinya sendiri.

Arif berniat untuk membuka sebuah coffeeshopnya sendiri dengan tetap menggunakan nama Coffee Is Black, tapi tidak untuk dalam jangka waktu dekat. Karena, untuk saat ini fokusnya masih menjadi roaster. Baginya masih banyak yang harus diperbaiki.

Arif yang berbadan agak gemuk ini saat ditanya, apakah ia pernah mengunjungi perkebunan kopi. “Belum pernah, karena males untuk naik gunung,” jawabnya sederhana sambil tertawa.

Arif yang merasa belum dapat membantu atau berkontribusi lebih untuk para petani Indonesia, hanya dapat memaksimalkan kopi yang terbaik hasil roastingnya kepada para client.

Pencapaian yang belum tercapai dari Coffee Is Black adalah meroasting 20kg sehari, upgrade mesin dan workshop.

Kesan untuk Ekspedisi Kopi adalah “tetap maju untuk pergerakannya dan lebih baik”.

 

BANJAR WIJAYA BLOK B34/3 KOTA TANGERANG

081212729646

info.coffeeisblack@gmail.com / @coffee_is_black

 

Narasumber: M. Arif Zalsyah

Writter: Wibi Sana Rachmat

Editor: Abdullah Hatim

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s